Rabu, 10 April 2013

Resep Ikan Nila Bumbu Kuning



Kekayaan bumbu yang ada di tanah air memang patut disyukuri. Karena dari beragam bumbu yang ada, memiliki banyak khasiat, warna dan juga aroma yang berbeda.
Salah satu bumbu dapur yang mempunyai warna dan aroma tersendiri adalah kunyit. Kunyit dipercaya dapat menambah nafsu makan.
Selain itu warna kuning yang dihadirkan kunyit memberi kesan cantik pada setiap masakan. Masakan yang juga menggunakan kunyit sebagai bumbu utamanya adalah Ikan Nila Bumbu Kuning.
Resep ikan ini memberikan aroma tersendiri sebagai pelengkap hidangan. Resep ikan nila ini sesuai dengan namanya bumbu kuning, khas dengan warna kuning pada kuahnya.
Seperti resep ikan pada umumnya, resep yang satu ini juga mudah dalam pembuatannya. Untuk Anda yang ingin menyajikan resep ikan nila ini, berikut bahan dan cara pembuatannya.
Resep Ikan Nila Bumbu Kuning

Bahan:
2 ekor ikan nila (ukuran sedang) potong 2
200 ml santan
5 buah cabe rawit
2 cm lengkuas (memarkan)
2 lembar daun salam
2 batang serai (memarkan)
1 lembar daun jeruk
1 buah wortel ukuran besar (dipotong-potong persegi panjang)
1 buah mentimun ukuran besar (buang bijinya dan potong persegi panjang)
Garam secukupnya
Minyak untuk menumis
Bawang goreng untuk taburan
Bumbu yang dihaluskan:
2 siung bawang putih
4 buah bawang merah
2 cm kunyit
1 buah kemiri
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt lada
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Cara membuat:
Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga wangi. Tambahkan daun jeruk, serai yang sudah dimemarkan, daun salam, lengkuas yang sudah dimemarkan, tumis kembali hingga harum.
Masukkan cabe rawit, ikan, wortel dan timun. Aduk rata. Tuangkan santan. Rasakan tingkat keasinan garamnya, jika dirasa kurang bisa ditambahkan sedikit lagi garam.
Tunggu hingga bumbu kuning meresap dan santan mendidih sehingga ikan benar-benar matang. Jangan lupa untuk mengaduk-aduk kuah agar santan tidak pecah.
Namun perlu diperhatikan, harap pelan-pelan dalam mengaduknya, agar ikan tidak hancur.
Angkat dan sajikan. Taburi bawang goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar